" Jika cinta itu LOOPING while (Love) { withYouForever(); protectYou(); lovingYou(); makeYouHappy(); eternalLove(); }"

 

Saturday, May 3, 2014

Sistem Informasi Terhadap Lingkungan

0 comments
TUGAS 1
SISTEM INFORMASI


Nama    : AHMAD KADIR
NPM    : 13 650 153


Dosen Pembimbing : YUSRAN RAZIKUN



Soal :
  1. Apakah benar bahwa sistem informasi itu tidak harus selalu menggunakan komputer? Jelaskan!
  2. Mengapa sistem informasi itu penting bagi suatu perusahan!
  3. Berikan contoh sistem informasi yang terdapat di lingkungan :
  • Kampus/sekolah
  • Pertokoan
  • Pemerintah
  • Fasilitas umum ( rumah makan, stasiun, bandara, hotel ) serta dengan analisis sederhana tentang :
           a. Tujuan sistem informasi
           b. Sasaran sistem informasi ( pengguna )
           c. Fasilitas yang disediakan sistem informasi
           d. Informasi yang di hasilkan sistem informasi

Jawab :

  1. Ya. Karena untuk mendapatkan suatu informasi terdapat banyak sumber penyebaran informasi itu sendiri, kita bisa memperoleh informasi dari berbagai bidang, contohnya menggunakan majalah/koran, handphone dan lainnya.
  2. Sistem informasi sangat penting bagi perusahaan karena sistem informasi memiliki peran yang penting dalam suatu organisasi/manajemen perusahaan, sistem informasi sangat berpengaruh secara langsung terhadapa manajemen perusahan dalam mengambil suatu keputusan, membuat rencana, dan mengelola karyawan dalam sebuah perusahaan.
  3. Contoh sistem informasi yang terdapat di lingkungan :
  • Kampus/sekolah : seperti dapat mengintegrasikan SIMPERPUS dengan Sistem Informasi Akademik, E-Learning, SMS Akademik, Sistem Informasi Aset, dan sistem lainnya.
  • Pertokoan : Sistem informasi yang terdapat pada pertokoan seperti ( Informasi harga, informasi konsumen, informasi barang ). Pendistribusian barang pada pertokoan langsung didistribusikan langsung dari pusat dan dituju ke cabang-cabang lainnya.
  • Pemerintah : Sistem informasi sangat besar manfaatnya dalam menunjang pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. Sistem informasi yang terdapat pada perusahaan seperti{ Sistem informasi kepagawaian (SIMPEG), Sistem Informasi Penggajian (SIMGAJI), Sistem Pengolahan Perpustakaan (SIMPUS), dan lain-lain }.
  • Fasilitas Umum
  1. Rumah Makan : - Tujuannya untuk meningkatkan jumlah produksi dan mengurangi angka keluhan dari pelanggan pada saat pemesanan dan keterlambatan pengiriman pesanan kepada pelanggan, karena jika pelanggan sering dikecewakan oleh sesuatu sebab yang tidak seharusnya terjadi dan tidak diharapkan yaitu keterlambatan pemesanan makanan, maka konsumen tidak akan percaya lagi kepada Rumah Makan tersebut. Prosedur pemesanannya biasanya pegawai yang mencatat jika rumah makan ramai maka customer sendiri yang menulis pesanannya di nota pesanan tersendiri yang mempunyai no. nota yang nantinya dibuat rekapan 2 rangkap, 1 diberikan oleh kasir dan 1 diberikan untuk dapur. Pemilik sendiri hendaknya lebih baik dalam memberikan manajemen pelayanan pada para konsumennya, sehingga para customer tidak akan menyesal telah membeli produk kita.Contohnya dengan memberi sentuhan klasik pada ruangan makan, atau interior yang dirasa customer nyaman dan aman.
  2. Stasiun : Memberi pelayanan bagi para penumpang kereta api dari antri tiket, peron, sampai pada waktu naik ke kereta api. Kemampuan pihak stasiun menyelenggarakan proses yang tersedia di Stasiun membuat calon penumpang ikut dalam alur proses yang terjadi sampai pada tertujunya tujuan para penumpang untuk dapat naik kereta yang berhenti di stasiun berikutnya. Beberapa stasiun telah memanfaatkan jaringan internet untuk dapat beroperasi 24 jam non stop, dengan membuat akun whats app, we chat, dan line, untuk dapat mengupdate informasi yang akan di ikuti oleh penumpang Kereta Api. Informasi yang dibutuhkan oleh penumpang dapat di share di aplikasi tersebut, sehingga penumpang mampu dengan mudah mendapatkan informasi itu, tanpat harus datang ke stasiun. Seperti : Informasi keterlambatan kereta api, Informasi ketersediaan tiket kereta api, dan informasi tentang jadwal kereta api. Nah tujuannya adalah untuk membantu para calon penumpang efisien menggunakan waktunya maka kru menyediakan informasi kepada penumpang tentang jadwal keberangkatan kereta api serta informasi lainnya.
  3. Bandara : Untuk meningkatkan pelayanan jasa mereka kepada para penumpang dengan cara memberikan informasi yang lebih cepat sehingga dapat mempermudah pelayanan kepada para calon penumpang dan dapat mengurangi waktu untuk merespon terhadap layanan pelanggan. SIM Transportasi Udara telah mengalami berbagai kecenderungan perubahan aplikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penjualan produk jasa seperti E-Ticketing System, adapun aplikasi untuk mengimplementasikan E-Ticketing yang dapat di pilih di anataranya yaitu CITOS ( City Terminal System Online ) dan AWAN ( Advanced Web Airlines Network ). Pemesanan serta pembelian tiket dapat terlaksana tanpa harus memerlukan waktu yang lama serta meminimalkan biaya yang akan timbul karena tiket dapat diperoleh hanya dengan membuka WEB (www.Airasia.com) sehingga dalam hal pemesanan hingga melakukan transaksi pembelian tiket tersebut menjadi sangat efisien dan efektif. Di sisi lain penumpang memperoleh harga tiket yang lebih murah di bandingkan dengan cara konvensional.
  4. Hotel : Tujuan adanya perorganisasian pada system informasi hotel ini agar tersedianya karyawan yang professional, terampil dan ramah, dalam menjalankan tugas-tugas bagi staf manajemen dan staf pengelolaan sumber daya hotel. Perkembangan teknologi informasi saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi dunia perhotelan untuk meningkatan sebuah layanan informasi kepada konsumen untuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam melakukan pemesanan kamar dan web sebagai media informasi dan promosi. Berdasarkan keadaan tersebut, maka perlu adanya upaya untuk efisien dan efektivitas dalam hal operasional, tempat, waktu, dan fleksibiltas, sehingga dapat dijadikan ujung tombak unutuk menigkatkan layanan konsumen. 
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

 

FB FLy

Jempolnya, Like This !!!

FB Fly

Jempolnya, Like This !!!

Kursor

Animated Purple Gitter Skull