" Jika cinta itu LOOPING while (Love) { withYouForever(); protectYou(); lovingYou(); makeYouHappy(); eternalLove(); }"

 

Tuesday, May 27, 2014

Tarian Wolio

0 comments
TARI GALANGI
Tari Galangi adalah tarian tradisional Buton yang diciptakan oleh Sapati Yarona Lambelu Jenggo, yang menggambarkan adegan perang dan dimainkan oleh satu kelompok penari, diibaratkan satu pasukan perang dimana terdiri dari 11 orang, dalam kelompok tersebut  terdapat peran-peran khusus.

TARI MANGARU
Tari Mangaru mempertontonkan kedigdayaan memainkan senjata tajam. Tari ini biasanya dipertontonkan pada saat musim tanam tanaman dan syukuran hasil panen.

TARI MENCEI
Tari Mencei merupakan salah satu rangkaian prosesi adat kampung yang menggambarkan peperangan. Tarian ini sampai sekarang masih ditemui di Kelurahan Waborobo. Rangkain tarian ini terdiri atraksi dimana seorang pemegang parang (manungkaloloi) dan dua orang yang memainkan tarian mangaru. Mereka secara bergantian memainkan atraksi peran tersebut.

TARI KATIBA
Tari Katiba merupakan jenis tarian persembahan ibu-ibu . Tarian ini diperagakan oleh 4 sampai 6 orang ibu dengan melangkah selangkah demi selangkah mengikuti tabuhan gendang. Tarian ini berasal dari Kelurahan Katobengke Kecamatan Betoambari.

TARI HONARI
Tari Honari merupakan jenis tarian persembahan kepada raja/sultan.. Tarian ini berasal dari Kelurahan Katobengke Kecamatan Betoambari.

TARI LINDA
Tari Linda merupakan salah satu prosesi yang dilaksanakan setelah posuo, yakni setelah 7 hari 8 malam para gadis menjalankan ritual tersebut. Adapun tarian yang berasal dari Kelurahan Waborobo  memperagakan gerakan dengan mengenakan selendang.
 
TARI KALEGOA
Tari Kalegoa merupakan salah satu jenis tarian yang dilakukan oleh gadis-gadis di Buton dengan spesifikasi berupa Gerakan memakai sapu tangan. Tarian berasal dari Kelurahan Melai Kecamatan Betoambari sekitar 3 km dari pusat Kota Bau-Bau

TARI BOSU
Tari Bosu merupakan salah satu jenis tarian yang dilakukan oleh gadis-gadis di Buton dengan spesifikasi berupa Gerakan memakai buyung (tempat air dari tanah liat). Tarian berasal dari Kelurahan Melai Kecamatan Betoambari sekitar 3 km dari pusat Kota Bau-Bau.
 
TARI GAMBUSU
Kesenian tradisonal ini merupakan permainan gambus (seperti gitar kecil). Dalam memainkan irama gambus diselingi dengan lagu-lagu yang saling berbalas pantun antara laki-laki dan perempuan. Syair lagu-lagunya berisi sindiran terhadap kehidupan sosial budaya, percintaan, dan lain-lain yang bersifat kontemporer.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

 

FB FLy

Jempolnya, Like This !!!

FB Fly

Jempolnya, Like This !!!

Kursor

Animated Purple Gitter Skull