- Kerjakan statement(REPEAT)
- Kemudian cek kondisi. Jika kondisi belum terpenuhi maka kerjakan statement diatas hingga kondisi terpenuhi(UNTIL)
Jika cinta itu Sistem Operasi
Tak akan kubiarkan cinta ini terkena virus yang bisa mengganggu stabilitas dan eksistensinya sebagai sistem operasi yang tangguh. Jika perlu akan kugunakan sistem operasi yang kebal virus.
Jika cinta itu adalah Tipe Data
Cintaku padamu adalah boolean yang akan selalu kupertahankan tetap true.
Jika cinta itu Java
Kemurnian code cinta ini melebihi kelas manapun yang pernah dibuat. Kelas cintaku padamu tidak akan pernah di akses oleh kelas-kelas lain dengan cara apapun.
Jika cinta itu Object
Fungsi destroy(); object tidak akan pernah bisa dipakai karena sudah di override dengan fungsi looping didalamnya
Thursday, April 24, 2014
Repeat Until pada Pascal
Untuk materi ini pasti agan semua yang sudah mempelajari repeat until pasti sudah tau dalam pemogramannya. Akan tetapi, masih banyak teman-teman kita yang belum paham tentang penggunaan program repeat until. Baiklah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Program Repeat Until.
Let's Code :
Untuk pengeksekusian scriptnya yaitu kebalikan dari while-do, seperti berikut :
Maka statement akan terus di REPEAT(diulang-dikerjakan) UNTIL(hingga) kondisi terpenuhi dan perulangan berakhir.
Untuk contoh program serta hasilnya simak baik-baik program REPEAT UNTIL di bawah ini :
Gimana gan gampangkan. Sekian dulu postingan tentang REPEAT UNTIL moga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa like in facebook dan tinggalkan pesan yah.
Wednesday, April 23, 2014
Prosedur dan Fungsi Pada Pascal
Pada postingan kali ini saya akan memposting tentang program prosedur dan fungsi serta hasilnya. Tapi sebelum kita masuk pada pemograman, kita akan membahas dulu tentang perbedaan prosedur dan fungsi. Untuk perbedaan prosedur dan fungsi mari kita simak baik-baik di bawah ini :
- Pada prosedur di awali dengan kata procedure dalam mendeklarasikannya. Contohnya : procedure_hitung angka ; Sedangkan fungsi di awali dengan kata function. Contohnya : function hitung_bilangan : integer ;
- Prosedur tidak mengembalikan nilai ke program utama, sedangkan fungsi akan mengembalikan nilai ke program utama, itulah sebabnya fungsi harus mempunyai tipe data seperti : ( integer, char, atau string ).
- Prosedur outputnya diletakkan di dalam procedure, sedangkan fungsi outputnya diletakkan di program utama.
- Prosedur dipanggil di program utama dengan menuliskan nama procedure tersebut di program utama. Contoh : hitung_bilangan; Pada fungsi dipanggil dengan memasukkan ke suatu variabel atau bisa juga dengan langsung menuliskannya ke program utama. Contoh : hasil : = hitung_bilangan(a,b); atau write('hasilnya adalah ',hitung_bilangan(a,b));
Baiklah setelah kita mengetahui tentang perbedaan prosedur dan fungsi maka sekarang kita masuk pada contoh programnya, sekarang langsung saja ke contoh :
Okelah sekaian dulu dalam pembahasan tentang prosedur dan fungsi, semoga bermanfaat.
Jangan lupa komentarnya yah :D
Tuesday, April 22, 2014
Monday, April 21, 2014
Contoh Makalah Struktur Organisasi Komputer
MAKALAH
" STRUKTUR ORGANISASI "
( ORGANISASI KOMPUTER )
Di Susun Oleh :
AHMAD KADIR 13 650 153
Dosen Pembimbing : DARFAN, ST
FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN
BAUBAU
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat
limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyusun makalah ini
tepat pada waktunya. Makalah ini membahas hubungan antropologi dan sosiologi.
Dalam
penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan
tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya
itu, penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak
yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat
balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penyusun
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk
penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penyusun
harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir
kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.
Baubau, 12 April 2014
Penyusun,
Ahmad
Kadir
DAFTAR ISI
COVER
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
B. RUMUSAN MASALAH
C. TUJUAN
BAB
II PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
KOMPUTER
B.
ORGANISASU KOMPUTER
1.
Bagian Utama Komputer
2.
Diagram Blok Komputer
C.
STRUKTUR
DAN FUNGSI UTAMA KOMPUTER
1.
Struktur Utama Komputer
2.
Fungsi Utama Komputer
3.
Perbandingan Manusia dengan Komputer
BAB
III PENUTUP
A. KESIMPULAN
B.
SARAN
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Organisasi Komputer membahas bagaimana semua fungsi-fungsi
computer tersebut dapat diimplementasikan. Jadi, organisasi computer membahas
hal-hal yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
mereliasasikan spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi computer
membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan struktur computer.
Sebagai contoh apakah suatu computer yang memmiliki
instruksiperkalian merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah persoalan
organisasional Dimana instruksi itu akan diimplementasikan dengan unit pengali
khusus atau dengan dengan suatu mekanisme yang menggunakan pengulangan dari
penambahan unit system merupakan hal organisasional. Kepustusan organisasional
mungkin didasarkan pada frekuensi antisipasi dari penggunaan intruksi
perkalian, kecepatan relative dari dua buah pendekatan dan harga, serta ukuran
fisik dari unit perkalian khusus.
Dalam kelompok komputer yang disebut mikrokontroler,
hubungan antara arsitektur dan organisasi sangat erat. Perubahan teknologi
tidak hanya mempengaruhi organisasi tetapi juga membawa dampak dalam pengenalan
kekuatan dan arsitektur yang lebih kompleks. Biasannyam ada kekurangan uang
diharapkan kompatibelitas dari generasi ke generasi pada mesin yanglebih
kecil.sebaliknya, ada ketergantungan antara keputusan organisasi dan
rancangan arsitektur.
B. RUMUSAN MASALAH
a.
Apakah yang dimaksud dengan
organisasi komputer?
b.
Bagaimana struktur komputer?
c.
Bagaimana fungsi dari suatu
perangkat yang ada di komputer?
d.
Bagaimana evolusi yang terjadi pada
komputer hingga sekarang?
e.
Bagaimana kinerja suatu komputer?
C. TUJUAN
a.
Menjelaskan tentang Organisasi &
Arsitektur Komputer
b.
Menjelaskan tentang struktur dan
fungsi komputer
c.
Menjelaskan tentang evolusi dan
kinerja komputer
BAB
II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer berasal dari
bahasa Latin yaitu computare yang artinya menghitung. Dalam Basaha
Inggris disebut“to compute”. Komputer merupakan sebuah mesing hitung elektronik yang secara
cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut
menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan
menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.
Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan dua
perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu :
1.
Perangkat keras komputer (hardware); dan
2.
Perangkat lunak komputer (software).
Perkembangan komputer meliputi peningkatan
kecepatan processor, penyusutan ukuran komponen, peningkatan
ukuran memori dan peningkatan kapasitas serta kecepatan
I/O. Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat
kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :
a.
Sebelum tahun 1940.
b.
Setelah tahun 1940.
Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat
digunakan tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman
tertentu, atau yang sering disebut sebagai Software Komputer (perangkat lunak).
Komputer
terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri :
Gambar. Unit Fungsional dasar pada komputer
B. ORGANISASU
KOMPUTER
Organisasi
komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit
operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh. Teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
Asritektur
komputer merupakan lebih cenderung
pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer.
Contoh. Set intruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
1.
Bagian Utama Komputer
a.
Unit Pengelolah Pusat (CPU)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian
fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat
pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program,
yang ada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro).
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga
jutaan IC. CPU terdiri dari 4 komponen yaitu :
·
Control Unit, berfungsi
untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara keseluruhan.
·
Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk
membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer.
·
Register, berfungsi
sebagai penyimpanan internal bagi CPU
·
CPU Interconnection, berfungsi
menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan
keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal
pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang
dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer
Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD
K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan
kekurangan masing-masing.
b.
Unit Masukan/Keluaran (I/O)
Ø
Input
Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat
untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat
yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal
input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa
data yang dimasukkan ke dalam system komputer, sedangkan maintenance input berupa
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian,
alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan
program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai
alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian
disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan kesistem komputer dengan
menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat
digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent
terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan
input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat
pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart terminal
mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur
dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak
dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan
intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya
berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan
tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung
diproses oleh alat pemroses.
Sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat
berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen,
light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character
recognition, optical data reader atau optical character recognition reader),
sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).
Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui
media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media
berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang
merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum
diproses lebih lanjut.
1.
Keyboard : Merupakan alat input standart yang
diperlukan dalam setiap PC. Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang
pesat. Hanya dalam konektor dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan.
Dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru berkembang
sekarang ini adalah keyboard wireless.
2.
Mouse : Mouse merupakan komponen input
yang sanagt diperlukan jika menggunakan sistem operasi grafis. Mouse lebih
banyak eprkembangannya dari pada keyboard. Muali dari mouse serial, mouse PS/2,
mouse scroll, dan saat mouse optic.
Ø
Output
Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang
dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan
(huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara,
dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga
golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,
sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses
selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:
a.
Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image.
b.
Soft-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
c.
Drive
device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk
merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media
seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai
alat output dan juga sebagai alat input. Sekarang media penyimpan yang
berkembang adalah disk rive, hard disk, CD-ROM/CD-RW.
Ø
Unit Memori
a.
Random
Access Memory (RAM)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input
akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat
diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh
pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
·
Input storage, digunakan untuk
menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
·
Program storage, digunakan untuk
menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
·
Working storage, digunakan untuk
menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
·
Output storage, digunakan untuk
menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat
output.
Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung
terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan
dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan
ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di
working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan
ke output storage.
b.
Read Only
Memory (ROM)
Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram
tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya
berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan
oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan
karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol
tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama
kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini
disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Cold
booting merupakan proses mengaktifkan sistem computer pertama kali untuk
mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi
hidup (on). Sedangkan warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan
program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga
tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini
biasanya dilakukan bila sistem computer macet, daripada harus mematikan aliran
listrik komputer dan menghidupkannya kembali. Instruksi-instruksi yang
tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware
dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak
boleh hilang atau rusak karena bila terjadi demikian, maka system komputer
tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik
pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa dibaca, tidak
dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile
supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM,
yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada didalamnya.
ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya yang mempunyai
jendela di atasnya. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable
Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak
dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
2.
Diagram Blok
Komputer
a.
Penjelasan Diagram Blok Komputer
·
Input Device
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat yang digunakan untuk
menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance
input. Contoh =
Keyboard dan mouse.
·
Output Divece
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat
digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus),
image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat
dibaca oleh mesin (machine-readable form). Contoh = monitor dan printer.
·
I/O Ports
Bagian
ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. I/O Port
juga biasa disebut dengan bagian interface (antar muka) karena peralatan input
dan output di atas terhubung melalui port ini.
·
Central Procesing Unit (CPU)
CPU
merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional,
yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. CPU merupakan tempat pemroses
instruksi-instruksi program, yang ada komputer mikro disebut dengan
micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari
ribuan hingga jutaan IC. CPU memiliki dua bagian fungsi operasinal yaitu. Arithmetical
Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data, Control Uni (CU) untuk
mengontrol kerja komputer. Atau sering
dikenal dengan nama “Processor”
·
Memory
Terdiri dari Internal memory berupa RAM
(Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu
berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.
·
Data Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawah 1 bit data, maka
jumlah saluran menetukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
Lebar data bus ini menetukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bldirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus
ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 paralel.
·
Adress Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada
jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur parallel.
·
Control Bus
Digunakan
untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. terdiri
dari 4 sampai 10 jalur paralel.
b. Organisasi dari sebuah komputer dapat ditunjukan pada blok diagram
gambar
gambar
c.
Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara
sederhana dengan diagram blok
Diagram Blok
Komputer
C. STRUKTUR DAN FUNGSI
UTAMA KOMPUTER
1.
Struktur Utama Komputer
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap
komponen saling terkait.8 Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat
digambarkan dalam diagram blok pada Gambar di bawah ini :
Struktur internal komputer terdiri dari 4 yaitu :
·
Central Processing Unit
(CPU): Mengontrol
operasi computer dan membentuk fungsi - fungsi
pengolahan datanya.
·
Memori
Utama: Menyimpan Data
·
I/O: memindahkan data antara komputer dengan lingkungan
luarnya.
·
System Interconnection: Beberapa mekanisme komunikasi antara CPU, Memori Utama dan
I/O
2.
Fungsi Utama Komputer
Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing
komponen sebagai bagian dari struktur.
Komputer mempunyai 4 fungsi yaitu :
·
Data processing/pengolahan data : Hanya beberapa
metode / tipe-tipe penting dalam pengolahan data
·
Data storange/penyimpanan data : File data
disimpan dalam komponen untuk dapat dicari dan diperbaharui nantinya.
·
Data movement/pemindahan data : Ketika data
diterima ke peralatan yang terhubung dengan komputer maka prosesnya disebut I/O
dan peralatan dikenal sbg periferal.
·
Control/Kontrol : Dikerjakan oleh
individu yang menyediakan komputer dengan instruksi-instruksi
3.
Perbandingan Manusia dengan Komputer
Manusia dan komputer sama-sama bisa menyimpan memori (ingatan). Bedanya, otak manusia bisa menyimpan memori jauh lebih banyak dibandingkan komputer. Bedanya lagi, manusia punya lupa sedangkan komputer tidak.
Dan komputer, sekalipun nantinya ada yang bisa menyimpan memori lebih banyak dari manusia, komputer tidak akan bisa sama dengan manusia karena komputer tidak bisa menarik atau memunculkan kembali apa yang di ingatnya tanpa perintah pihak luar. Komputer tidak punya kehendak, komputer tidak punya hak pilih.
Perbandingan antara kecakapan relatif manusia dan komputer.
Dan komputer, sekalipun nantinya ada yang bisa menyimpan memori lebih banyak dari manusia, komputer tidak akan bisa sama dengan manusia karena komputer tidak bisa menarik atau memunculkan kembali apa yang di ingatnya tanpa perintah pihak luar. Komputer tidak punya kehendak, komputer tidak punya hak pilih.
Perbandingan antara kecakapan relatif manusia dan komputer.
Kecakapan
manusia :
·
Estimasi
·
Kreatifitas
·
Adaptasi
·
Kesadaran serempak
·
Pengolahan abnormal/perkecualian
·
Memori asosiatif
·
Pengambilan keputusan non-deterministik
·
Pengenalan pola
·
Pengetahuan dunia
·
Kesalahan manusiawi
Kecakapan komputer :
·
Kalkulasi akurat
·
Konsistensi
·
Aktifitas perulangan
·
Multitasking
·
Pengolahan rutin
·
Penyimanan dan pemanggilan kembali data
·
Pengambilan keputusan deterministik
·
Pengetahuan domain
·
Pengolahan data
·
Bebas dari kesalahan
Keunggulan
manusia :
1.
Menciptakan komputer
2.
Memberi instruksi pada komputer
3.
Mempunyai inisiatif
4.
Tidak tergantung energi listrik
Keunggulan
komputer :
1.
Obyektif
2.
Menyimpan informasi besar pada secondary storage
3.
Waktu pengambilan informasi sangat singkat
4.
Bekerja cepat, tepat dan teliti
5.
Cocok untuk pekerjaan: banyak, rutin dan berulang
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Komputer PC terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian
input, proses, dan output. Setiap bagian terdiri dari beberapa komponen yang
saling mendukung. Setiap komponen pada PC mempunyai spesifikasi tertentu dan
kegunaan/fungsi khusus. Evolusi computer telah ditandai dengan peningkatan
kecepatan prossesor, pengurangan ukuran komponen, peningkatan kapasitas
memori, dan peningkatan kapasitas dan kecepatan I/O. Satu factor yang
berpengaruh besar dalam dalam peningkatan kecepatan prossesor adalah dengan
peyusutan ukuran komponen prossesor mikro, hal ini mengurangi jarak antara
komponen dan karenanya dapat meningkatkan kecepatan. Bagaimanapun, keuntungan
sebenarnya dalam kecepatan terakhir ini telah datang di organisasi prossesor
termasuk penggunaan yang berat dalam pipelining dan teknik eksekusi pararel dan
penggunaan teknik eksekusi yang bersifat spekulasi yang
mengakibatkan eksekusi berikutnya bersifat sementara yang mungkin
diperlukan.
Selanjutnya didalam suatu permasalahan kritis dalam
merancang system computer adalah menjaga keseimbangan kinerja dar berbagai
unsur-unsur,sehingga menghasilkan kinerja dalam datu bidang tidaklah
mempengaruhi suatu bidang yang lain. Kinerja sebuah sistem
komputer merupakan hasil proses dari
seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama,
memori sekunder, bus, peripheral. Dari segi
perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan.
B. SARAN
Didalam penulisan makalah tentang komputer ada baiknya
menggunakan rujukan yang paling baru, karena sifat teknologi setiap harinya
bahkan setiap detiknya mengalami perubahan. Dengan bahan rujukan yang
terbaru diharapkan informasi-informasi yang didapat juga informasi yang
terbarukan.
DAFTAR
PUSTAKA
o Kadir Abdul dan Terra Ch.Triwahyuni,Pengenalan
Teknologi Informasi,Andi Riyanto Yogyakarta :2005.
oStallings William, Organisasi
& Arsitektur Komputer Edisi 6, 2004, PT.INDEKS Kelompok GRAMEDIA.
oNaskan, S.Kom. Pertemuan II -
Evolusi dan Kinerja Komputer, Organisasi & Arsitektur Komputer,2009.
ohttp://ratnaroom.files.wordpress.com/2008/04/evolusi-dan-kinerja-komputer-orkom11.pdf
ohttp://elesys.fsaintek.unair.ac.id/admin/makalah/computer-history.pdf
ohttp://www.masaguz.com/search/EVOLUSI
+ DAN + KINERJA + MIKROPROSESOR
Subscribe to:
Posts (Atom)