" Jika cinta itu LOOPING while (Love) { withYouForever(); protectYou(); lovingYou(); makeYouHappy(); eternalLove(); }"

 

Wednesday, April 23, 2014

Prosedur dan Fungsi Pada Pascal

1 comments
Pada postingan kali ini saya akan memposting tentang program prosedur dan fungsi serta hasilnya. Tapi sebelum kita masuk pada pemograman, kita akan membahas dulu tentang perbedaan prosedur dan fungsi. Untuk perbedaan prosedur dan fungsi mari kita simak baik-baik di bawah ini :
  1. Pada prosedur di awali dengan kata procedure dalam mendeklarasikannya. Contohnya : procedure_hitung angka ; Sedangkan fungsi di awali dengan kata function. Contohnya : function hitung_bilangan : integer ;
  2. Prosedur tidak mengembalikan nilai ke program utama, sedangkan fungsi akan mengembalikan nilai ke program utama, itulah sebabnya fungsi harus mempunyai tipe data seperti : ( integer, char, atau string ).
  3. Prosedur outputnya diletakkan di dalam procedure, sedangkan fungsi outputnya diletakkan di program utama.
  4. Prosedur dipanggil di program utama dengan menuliskan nama procedure tersebut di program utama. Contoh : hitung_bilangan; Pada fungsi dipanggil dengan memasukkan ke suatu variabel atau bisa juga dengan langsung menuliskannya ke program utama. Contoh : hasil : = hitung_bilangan(a,b); atau write('hasilnya adalah ',hitung_bilangan(a,b));
Baiklah setelah kita mengetahui tentang perbedaan prosedur dan fungsi maka sekarang kita masuk pada contoh programnya, sekarang langsung saja ke contoh : 

Okelah sekaian dulu dalam pembahasan tentang prosedur dan fungsi, semoga bermanfaat.
Jangan lupa komentarnya yah :D

1 comments:

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

 

FB FLy

Jempolnya, Like This !!!

FB Fly

Jempolnya, Like This !!!

Kursor

Animated Purple Gitter Skull